Minggu, 25 November 2012

Pengiriman Data Dalam Jaringan

Pengiriman Data Dalam Jaringan
1G; 2G; 2,5G; 2,75G; DAN 3G

A. Sejarah
1G berarti generasi pertama, 2G berarti generasi kedua, dan seterusnya. Yang dimaksud dengan generasi adalah penerus dari teknologi layanan data dan komunikasi wireless, khususnya untuk mobile phone.

B. Pengiriman Data Dalam Jaringan

i. 1G
    HP generasi pertama jaringan 1G pertama kali ditemukan di tahun 1980 ketika AMPS di Amerika bekerjasama dengan TACS dan NMT di Eropa membuat terobosan di teknologi jaringan.  1G ini adalah standar baru dari teknologi jaringan.  
ii. 2G
   Generasi kedua memiliki fitur CSD sehingga transfer data lebih cepat dengan kecepatan sekitar 14.4 kbps. 2G dibagi menjadi 2 macam, yaitu GSM dan CDMA. 
Kelebihan dan Kekurangan GSM :
+Kualitas relatif aman dan baik
+Penyedia layanan yang tersedia untuk dipilih lebih beragam 
-Ada kemungkinan kehilangan data ketika kartu SIM hilang apabila belum disimpan di memori telepon
Kelebihan dan Kekurangan CDMA :
+Biaya panggilan lebih murah
+Kualitas panggilan lebih baik
-Tidak ada ketersediaan berbagai handset 
iii. 2,5G / GPRS
Kecepatan GPRS mampu mencapai 115 kbps. GPRS juga membuat pengguna lebih hemat karena hitungannya menjadi per kilobyte bukan lagi permenit seperti CSD. Fasilitas yang diberikan oleh GPRS antara lain e-mail, mms, dan internet. Kelebihannya adalah selalu menggunakan sistem yang selalu terhubung dan kecepatannya mencapai 171,2 kbps. Kekurangannya adalah saat mengakses kecepatannya di bawah 170 kbps.
iv. 2,75G / EGDE
Generasi 2,75G dikenal dengan generasi EDGE. EDGE diperkenalkan oleh AT&T di Amerika Serikat pada tahun 2003. Kelebihannya adalah kecepatan lebih tinggi dari GPRS. Kekurangannya adalah masi di bawah 3G.
v. 3G
Teknologi generasi ketiga yang merupakan standar yang telah ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) untuk diaplikasikan pada jaringan telpon selular. Melalui 3G, pengguna selular dapat mengakses internet dengan bandwidth sampai 384 kbps.
GSM menjadi W-CDMA
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar